Aceh Research Institute

Role Playing membantu anak TK dalam menghafal ayat-ayat pendek

Role Playing membantu anak TK dalam menghafal ayat-ayat pendek

Penerapan metode yang tepat untuk peserta didik diyakini mampu mendorong terwujudnya tujuan pendidikan. Kesalahan dalam menerapkan metode pembelajaran menyebabkan kegagalan. Dasar ini pula mendorong Aceh Research Institute (ARI) untuk melakukan kajian terhadap penggunaan Metode Pembelajaran pada TK Babul Ulum, Aceh Besar.

Agustus 2015, ARI melakukan penelitian tindakan kelas “Peningkatan Kemampuan Hafalan surat-surat pendek melalui metoderole playing pada TK. Babul Ulum”. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses peningkatan kemampuan guru TK Babul Ulum dalam memberikan materi hafalan surat-surat pendek serta mengevaluasi tingkat kemampuan murid TK. Babul Ulum terhadap kemampuan hafalan surat-surat pendek melalui metode role playing.

Dalam melakukan penelitian ini mengambil sampling sebanyak 20 murid dengan pendekatan analisis statistik deskriptif. Fenni Zaitul Asma, S.Pd.I selaku Manager Program ARI, mengatakan bahwa hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang signifikan. Dimana nilai rata-rata hasil ketuntasan peserta didik pada siklus I adalah 60 %, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata ketuntasan mencapai 95 %.

Untuk itulah Fenni menyarankan agar metode role playing menjadi penting dilaksanakan pada seluruh sekolah TK di Aceh Besar, khususnya TK.Babul Ulum secara berkelanjutan. Disamping itu pula pihak sekolah hendaknya memberikan dukungan penuh terhadap penerapan metode role playing dalam kegiatan pembelajaran. Pihak sekolah perlu melakukan upaya dalam rangka peningkatan komptensi guru dengan melakukan berbagai pelatihan yang mendukung proses pembelajaran.


0 Komentar
Tuliskan Komentar Anda
Inputan yang bertanda * harus diisi.