Aceh Research Institute

Beri Kuliah Umum, Direktur ARI ajak Mahasiswa Politeknik Kutaraja Amalkan nilai luhur Pancasila

Beri Kuliah Umum, Direktur ARI ajak Mahasiswa Politeknik Kutaraja Amalkan nilai luhur Pancasila

Direktur Aceh Research Institute (Direktur ARI) Muhammad Syarif, SHI.M.H mengingatkan para mahasiswa Politeknik Kutaraja tentang pentingnya nilai-nilai luhur Pancasila dalam memperkokoh karakter rakyat Indonesia, khususnya mahasiswa Politeknik Kutaraja. Pancasila akan memperkokoh karakter dan jati diri bangsa, termasuk di kalangan mahasiswa sendiri.

Hal tersebut diungkapkan Direktur ARI, saat memberikan kuliah umum Pancasila pada Mahasiswa  Baru, Semester Ganjil 2019-2020 di Auditorium Lantai 3. Politeknik Kutara Raja, Senin, 23 September 2019. Acara tersebut diikuti lebih dari 200 Mahasiswa dari berbagai prodi dilingkungan Politeknik Kutaraja.

Dalam kuliah umum tersebut, Direktur ARI menyampaikan materi "Pancasila sebagai Dasar Nilai dan Pengembangan Ilmu serta Pancasila Sebagai Sistem Etika”.

Lebih lanjut Muhammad Syarif yang juga Dosen Prodi Hukum Tata Negara UIN Ar-Raniry mengatakan, tidak ada pertentangan antara nilai luhur Pancasila dengan Al-Qur`an dan Hadits, bahkan saling melengkapi satu sama lainnya. Apa yang terkandung dalam nilai Pancasila sesungguhnya bagian dari nilai-nilai universal ajaran Islam, dan jangan dipopulerkan jargon “saya pancasilais dan Islam itu radikal”. Syarif memaparkan dengan lugas urgensi pancasila dalam berbangsa dan negara, diakhir perkuliaan umum, Syarif memberikan kado istimewa satu karyanya kepada mahasiswa yang aktif dalam proses pembelajaran. (AZ)


0 Komentar
Tuliskan Komentar Anda
Inputan yang bertanda * harus diisi.