Aceh Research Institute

ARI Pertanyakan Klaster Zona Merah

ARI Pertanyakan Klaster Zona Merah

Penentuan Zona Merah covid-19 oleh Plt. Gubernur Aceh membuat warga panik, serta merugikan Kab/Kota. Dimana sebelumnya Pemerintah Republik Indonesia melalui Gugus Tugas Covid- 19 menyampaikan kepada publik dibeberapa media nasional, Aceh masuk zona hijau. Bahkan Provinsi Lain mencontohkan Aceh, khususnya Banda Aceh dalam penanganan covid-19.

Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Gubernur Aceh Nomor :440/7810  pada tanggal 2 Juni 2020 yang menempatkan 7 Kab/Kota di Aceh masukl “zona merah” patut dipertanyakan, diantaranya; Banda Aceh, Pidie, Simeulue, Aceh Barat Dayah, Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Bener Meriah, Gayo Luwes dan Aceh Utara dinilai oleh Muhammad Syarif, SHI.M.H Direktur Aceh Research Institute (ARI) dinilai blunder dan merugikan pemerintahan daerah dan dunia usaha.

Padahal faktanya hampir tidak ada warga Aceh, khususnya warga yang masuk klaster zona merah meninggal akibat pendemi covid-19. Lebih lanjut Muhammad Syarif yang juga Dosen Legal Drafting Prodi Hukum Tata Negara UIN Ar-Raniry menuding ada kesalahan informasi lingkaran jajaran elit pemerintahan Aceh dalam menyajikan informasi yang sehat bagi Gubernur Aceh. Mestinya informasi yang diberikan kepada Plt.Gubernur harus sesuai fakta, bukan hayalan. Fakta membuktikan Banda Aceh zero pasien covid-19, hal ini sesuai realise resmi Bapak Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, SE, Ak, MM, ungkap Syarif

Ini sungguh miris jika kita lihat antara fakta dengan Surat Edaran Gubernur Aceh tidak seimbang. Karnanya ARI mendesak Gubernur Aceh untuk menyampaikan secara terbuka pada publik terkait indikator (parameter) yang jelas dalam menentukan zonasi covid-19. Jangan ujub-ujub masuk zona merah, disaat kondisi Aceh semakin guyub dan lancar dalam melaksanakan berbagai aktifitas. Faktanya Masjid di Banda Aceh semuanya berjalan dengan normal, kehidupan aktifivas sosial, perkantoran, perekonomian dan keagamaan juga berjalan dengan normal. (AZ)


0 Komentar
Tuliskan Komentar Anda
Inputan yang bertanda * harus diisi.