Aceh Research Institute

ARI Apresiasi Kinerja Kepemimpinan Aminullah Usman-Zainal Arifin

ARI Apresiasi Kinerja Kepemimpinan Aminullah Usman-Zainal Arifin

Pasca dilantik menjadi Walikota Banda Aceh pada 7 Juli 2017 silam, Aminullah Usman bersama Wakil Wali kota, Zainal Arifin, fokus dalam merealisasikan visi misi pemerintahannya, sebagaimana telah tertuang dalam RPJM Banda Aceh 2017-2022.

Visi “mewujudkan Banda Aceh yang Gemilang dalam Bingkai Syariah” dengan tiga pilar pembangunan kota yakni bidang Agama, Ekonomi, dan Pendidikan, semakin kelihatan.

Penguatan akuntabilitas kinerja pemerintahan juga menjadi fokus utama Walikota Banda Aceh, hal ini mencuat dalam bedah kinerja Walikota Banda Aceh yang dilakukan oleh Muhammad Syarif, SHI.M.H Direktur Aceh Research Institute (ARI), Selasa, 25 Desember 2018 di Borneo Coffe.

Berdasarkan hasil analisa ARI, setahun kepemimpinan Walikota Banda Aceh, telah menuai hasil yang menggembirakan.

Syarif merincikan diantaranya, Bidang Tata Kelola Pemerintahan, Walikota Banda Aceh dinobatkan sebagai kepala daerah terbaik se-Indonesia dalam bidang Pembinaan Pelayanan Publik 2018, Juara I Kinerja ASN se-Indonesia Tahun 2018, Entrerpreneur Award 2018, Juara I Survei Integritas Nasional 2018, hasil kajian KPK-RI, dan WTP sepuluh kali berturut-turut hasil Audit BPK-RI serta Pemerinntah Terbaik Standar Kepatuhan Tinggi Pelayanan Publik dari Ombudsman RI.

Dalam bidang pengembangan Pariwisata Halal, Banda Aceh juga meraih Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 dari Kementrian Pariwisata RI. Dalam merawat kebinekaan, Banda Aceh dijadikan Pilot Project Kota Paling Toleran se-Indonesia oleh Kementrian Agama RI, terutama Gampong Peunayong yang merupakan basis warga keturunan cina.

Lebih Lanjut Muhammad Syarif yang juga Dosen FSH UIN Ar-Raniry menilai sebagian janji politik Bapak Aminullah Usman dan Zainal Arifin telah ditunaikan.

Misalnya dalam waktu setahun memimpin mampu menurunkan angka kemiskinan dari 12 % menjadi 7 % dan ini melebihi target nasional, Pemberian Santunan Kematian, Pembentukan LKS Mahirah Muamalah, disamping itu juga Banda Aceh telah berhasil melaksanakan berbagai event Internasional di Bidang Keagamaan, seperti Muzakarah Tauhid Tasawuf Internasional.

Berkat Kinerja yang diraih oleh Pemerintah Kota Banda Aceh, Walikota juga diundang ke Amerika, Columbia dan Jepang.

ARI juga menilai bahwa kritikan yang sifatnya membangun perlu diberikan kepada Walikota sebagai bagian dari ikhtiar anak negeri yang cinta akan pemimpinnya, tentu dengan cara santun, elegan dan bermartabat


0 Komentar
Tuliskan Komentar Anda
Inputan yang bertanda * harus diisi.