Aceh Research Institute

Profil

Memorendum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Pemerintah Republik Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada tanggal 15 Agustus 2005 di Helsinki telah melahirkan kesepakatan bersama untuk menyelesaikan konflik Aceh secara damai, menyeluruh, berkelanjutan dan bermartabat.

Pasca MoU Helsinky kondisi Aceh lebih kondusif bila dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya.Tata Kelola Pemerintah sudah semakin baik, disamping itu pula tingkat kesadaran masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam mendorong pembangunan menuju Aceh yang bermartabat, sejahtera dan bersyariat semakin terasa.

Tentunya kondisi ini perlu dirawat dan dijaga secara berkelanjutan. Untuk itulah Aceh Research Institute sebagai lembaga nirlaba yang mandiri, berfungsi melakukan gerakan perubahan, advokasi terhadap tata kelola pemerintahan, hukum, sosial budaya, pendidikan, Kesehatan, Agama, Pengembangan IT serta kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah. Bagi masyarakat Aceh yang ingin berbagi ide dapat mengirimkan tulisannya kepada email:acehri2014@gmail.com


Kehadiran lembaga ini di gagas oleh anak muda pro perubahan dan cinta damai yang di prakarsai oleh Muhammad Syarif dan Fenni Zaitul Asma pada tanggal 1 Maret 2012, dilandasai semangat reformasi dalam membangun aceh yang bermartabat. Lembaga ini nantinya akan menjadi mitra sekaligus social control terhadap kebijakan pemerintah daerah.


Visi  Eksternal        
Terwujudnya masyarakat yang cerdas, kritis dan agamis.


Visi  Internal
Menjadi lembaga yang profesional dalam bidang Hukum dan Pemerintahan, Pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya, Agama, Pengembangan IT serta Penelitian dan Publikasi Ilmiah.


Misi       

  • Mendorong terwujudnya Tata Kelola Pemerintahan yang lebih baik dan efektif.
  • Melakukan advokasi dibidang hukum dan pemerintah, pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya dan Agama
  • Melakukan penguatan kapasitas  masyarakat untuk terwujudnya kesadaran kritis dan partisipasi publik  guna mengoptimalkan proses formulasi, implementasi dan pengendalian kebijakan di Aceh
  • Menyelenggarakan penguatan kapasitas kelembagaan dan pengembangan jaringan untuk mendukung optimalisasi proses advokasi, transparansi, akuntabilitas dan layanan prima bagi terwujudnya masyarakat madani
  • Melakukan Penelitian dan Publikasi Ilmiah dalam berbagai bidang dalam mewujudkan masyarakat madani di Aceh.
  • Melakukan kegiatan dalam rangka mendorong terwujudnya E-Governace dilingkungan Pemerintahan Daerah.


Pernyataan   Visi
ARI memiliki visi yang ringkas, namun merupakan inti dari eksistensi ARI dalam mencapai harapan dan cita-citanya yakni; “mendorong terwujudnya tatanan masyarakat yang madani”. Untuk bisa memberikan inspirasi bagi setiap personelnya dalam melaksanakan tugas sehari-harinya, Visi ini kemudiandiringkas menjadi sebuah motto yaitu;Generasi Cerdas, Kritis dan Cinta Damai”

Pernyataan  Misi
ARI adalah Organisasi nir-laba yang mandiri, berfungsi melakukan advokasi terhadap kebijakan dibidang Hukum dan Pemerintahan, pendidikan, kesehatan, Sosial Budaya, Agama, Pengembangan IT serta Penelitian dan Publikasi Ilmiah untuk terwujudnya masyarakat madani di Aceh.


Falsafah  Organisasi
"Berjuang dengan Pena, wujudkan generasi cerdas dan Islami"

Prinsip Organisasi

  • Prinsip Kedudukan  :Mitra kerja advokasi kebijakan lintas stakeholder yang objektif dan independen.
  • Prinsip Manajemen: Profesionalitas, transparansi, akuntabilitas, kreatifitas, inovatif dan layanan prim

 

Nilai-nilai

Nilai – Nilai Fundamental:

  • Cinta Damai: Keberpihakan Terhadap masyarakat dan cinta Pedamaian.
  • Religius: Dalam setiap aktifitasnya menjunjung tinggi nilai-nilai qur`ani

Nilai – Nilai Pelayanan :

  • Transparan dan Akuntabel dalam mengelola seluruh sumber daya organisasi.
  • Tanggung Jawab; Jujur dan amanah baik terhadap lembaga dan publik.
  • Kemandirian; Mengembangkan kemampuan danintelektualitas serta menghindari ketergantungan.
  • Independen; Bukan sebuah subkoordinat dari kelompok manapun dan hanya berpihak kepada kebenaran.
  • Profesionalisme ; Cakap dan terampil dalam bidangnya.